Menu Tutup

Webinar Amazy: Menjawab Pertanyaan Strategi Branding UMKM

Amazy kembali sukses menggelar webinar nasional untuk UMKM bertajuk “Strategi Branding untuk UMKM”. Webinar ini berlangsung pada Sabtu, 9 September 2023 pukul 10.00–12.00 WIB. Webinar UMKM Amazy mendapat antusias dari pelaku UMKM dari berbagai daerah di Indonesia.

Pentingnya Strategi Branding untuk UMKM

Jika mendengar kata branding, hal pertama yang muncul di benak kita biasanya tidak jauh dari merek atau logo. Namun, perlu dipahami oleh UMKM bahwa branding bukan hanya sekadar tentang merek atau logo yang bisa dilihat. Merek, logo, atau tagline memang meupakan komponen dari branding yang merupakan identitas. Bahkan hanya dengan mendengar sebuah tagline, terkadang pikiran kita langsung tertuju pada brand tertentu. Hal itu menandakan branding yang dilakukan berhasil, karena merek bisa muncul sebagai top of mind di benak seseorang ketika mendengar atau melihat sesuatu.

Branding merupaka proses yang kompleks menciptakan, membangun dan mengelola citra atau identitas suatu produk atau individual dalam benak audiens. Branding sangat penting bagi UMKM. Dengan branding, UMKM bisa menentukan posisi produk di tengah persaingan dengan competitor sehingga tidak terlibat perang harga. Tujuan branding adalah membedakan produk dengan kompetitor, menciptakan citra merek, dan mempengaruhi persepsi konsumen akan produk.

Pertanyaan UMKM seputar Strategi Branding

Webinar Amazy selalu melibatkan pemateri ahli yang merupakan praktisi di bidangnya dan berpengalaman. Peserta bisa langsung bertanya dan berkonsultasi mengenai strategi branding UMKM pada pemateri di sesi tanya jawab.

Pemateri pertama adalah Yanti Melianty Isa, Founder sekaligus CEO PT. Magfood Inovasi Pangan dan PT. Magfood Amazy Internasional. Pemateri kedua yaitu Noverina Rahma Andini, Business Development PT. Magfood Amazy Internasional.

1. Kapan waktu yang tepat untuk melakukan branding, sebelum atau setelah usaha berjalan? Dan berapa biaya yang dibutuhkan?

Pertanyaan ini diajukan oleh Bapak Iman, seorang pengusaha catering dari Bogor. Menurut Noverina, strategi branding perlu dipersiapkan sejak merencanakan usaha, tetapi juga tidak ada kata terlambat untuk mulai menyusun ulang strategi branding setelah bisnis berjalan. Sebelum bisnis berjalan, banyak hal yang perlu dipersiapkan seperti desain produk, target market, dan positioning produk. Hal ini perlu dilakukan di awal agar bisnis bisa fokus pada strategi yang sudah disusun.

Bagi UMKM yang sudah berjalan, biasanya sudah memiliki database konsumen. Misalnya, untuk usaha catering, ada data konsumen yang berupa individu atau badan seperti kantor. Pengusaha catering harus melakukan klasifikasi konsumen yang selama ini memesan catering termasuk tujuannya, apakah untuk keperluan pesta atau keperluan lain. Dengan mengidentifikasi karakter konsumen, usaha catering bisa fokus untuk mencari target konsumen dengan karakter tersebut.

Biaya yang dibutuhkan untuk branding bisa berupa biaya identitas fisik seperti pembuatan desain logo dan merek oleh agensi. Biaya juga diperlukan jika usaha ingin medaftarkan merek pada HAKI. Magfood membuka kesempatan bagi UMKM untuk coaching klinik terkait perencanaan dan konsep brand hingga business plan sesuai skala usaha.

2. Bagaimana cara menentukan target konsumen yang sesuai?

Pertanyaan kedua diajukan oleh Ibu Indah dari Depok. Menurut Noverina, ada dua cara menentukan target produk. Yang pertama, UMKM bisa melakukan riset kebutuhan konsumen akan produk tertentu. Riset bisa dilakukan dengan menjawab berbagai pertanyaan seperti dimana calon konsumen berkumpul, apa kebiasaan mereka, dan produk seperti apa yang mereka butuhkan. Cara yang kedua dilakukan jika konsep produk sudah ada, yaitu dengan mencari dimana konsumen yang membutuhkan produk berada dan memahami bagaimana karakter mereka. Identifikasi target konsumen harus sangat detil meliputi jenis kelamin, status sosial, kebiasaan, hingga kemampuan ekonomi karena berkaitan dengan harga produk yang ditawarkan.

3. Seberapa penting STP untuk UMKM?

Bapak Billy merupakan seorang pengusaha keripik dari Jakarta, dan mengajuka pertanyaan tentang STP (Segmentation, Targetting, dan Positioning). keripik. Strategi STP sangat penting untuk UMKM. Inilah penjelasan singkatnya

1. Segmentation

Segmentation atau biasa disebut dengan segmentasi pasar adalah membagi pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan karakteristik tertentu. Dengan melakukan segmentasi pasar, UMKM dapat lebih mudah menjalankan promosi bisnis. Contohnya adalah segmentasi demografis. Pada segmentasi demografis, calon konsumen dikelompokkan berdasarkan umur, gender etnis, status pernikahan, pekerjaan dan lain sebagainya.

2. Targetting

Targetting adalah memilih segmen pasar terbaik bagi produk yang ditawarkan. Targeting akan membuat UMKM fokus untuk memasarkan produk pada calon konsumen yang sangat potensial. UMKM tidak bisa menentukan target pasarnya adalah semua orang atau semua kalangan. Contohnya, Anda tidak mungkin menawarkan produk keripik pada mahasiswa dengan harga yang tidak terjangkau oleh uang saku mereka.

3. Positioning

Setelah melakukan segmentasi dan menentukan target, penting bagi UMKM untuk melakukan positioning. Positioning adalah upaya agar produk Anda memiliki pembeda dari produk competitor sehingga layak dipilih oleh konsumen. Pembeda bisa berupa fitur produk atau pelayanan yang diberikan ketika konsumen membeli produk.

Untuk memahami strategi branding UMKM dengan lebih mendalam, Anda bisa melihat rekaman webinar Amazy melalu link di bawah ini.

https://www.youtube.com/watch?v=GVSQkGvRI5Q

Frozen Food: Usaha Anti Musiman

Bersama Amazy, pengusaha frozen food pemula maupun yang sudah memiliki jaringan distribusi bisa tumbuh bersama. Bagi pemula, menjadi reseller atau dropshipper frozen food adalah pilihan yang tepat karena tidak membutuhkan banyak modal, risiko lebih rendah, dan lebih mudah. Amazy Frozen Food membuka peluang reseller dengan modal minim yaitu dimulai dari Rp500.000,- saja. Amazy juga menyediakan paket agen yang lengkap dengan 1 unit freezer untuk mitra yang siap dengan skala usaha yang lebih tinggi.

Berbagai produk Amazy Frozen Food seperti Chicken Nugget, Fried Chicken, Chicken Katsu, Shabu-shabu, Ekkado, Fishroll, Beef Patty, Chicken Patty, Topokki, Corndoc, dan masih banyak lagi bisa Anda lihat di https://amazy.co.id/produk/

AMAZY FROZEN FOOD diproduksi oleh PT Magfood Amazy Internasional yang bergerak di usaha restoran AMAZY FAMILY RESTO, yang dikembangkan melalui sistem franchise sehingga bisa tersebar di seluruh Indonesia dan Malaysia. Pada tahun 2018, Amazy mulai meluncurkan AMAZY FROZEN FOOD untuk memenuhi pasar yang lebih luas. Dengan pengalaman usaha makanan lebih dari 22 tahun, produksi AMAZY FROZEN FOOD memiliki manajemen keamanan pangan dengan sertifikasi CPPOB (Cara Produksi Produk Olahan yang Baik) dari BPOM, sertifikasi halal dan ijin Edar BPOM.

Cara jadi Reseller Amazy Frozen Food

Untuk menjadi reseller Amazy Frozen Food, cukup melakukan pembelian minimal sebanyak Rp 500.000,-. Amazy sudah menyiapkan skema harga produk untuk reseller, agen, dan dropshipper agar persaingan sehat. Namun bagi reseller yang menjual produk ke komunitas yang dimilikinya, tidak menutup kemungkinan juga jika ingin menaikkan harga dan tetap mendapat konsumen yang membeli produk Amazy melalui reseller tersebut.

Keuntungan menjadi reseller Amazy Frozen Food adalah modal yang terjangkau, konsep produk dan konten sudah disusun dengan baik sehingga Anda bisa fokus memasarkan produk di sosial media, dan jika anda masih awam di dunia bisnis online menggunakan social media dan marketplace, anda tidak perlu khawatir karena tim Amazy juga akan membimbing Anda.

Paket Reseller Amazy Frozen Food

1. Paket Silver (Rp500.000,-)

Paket ini cocok untuk reseller pemula yang masih melakukan test pasar dengan fasilitas yang ditawarkan yaitu spanduk ukuran 2×2 m, brosur 50 pcs, dan aneka produk Amazy Frozen Food.

2. Paket Gold (Rp1.000.000,-)

Paket selanjutnya yang bisa Anda pilih yaitu paket gold dengan fasilitas spanduk 2×2 m dan brosur 50 pcs berikut aneka produk Amazy Frozen Food yang lebih lengkap dan lebih banyak dibanding paket silver.

3. Paket Platinum (Rp4.500.000,-)

Dengan paket platinum, Anda tidak perlu repot mencari freezer karena paket ini sudah termasuk freezer 200 liter ditambah sticker branding 1 unit, spanduk 2×2 m, brosur 50 pcs, dan aneka produk Amazy Frozen Food lengkap.

Daftarkan diri Anda untuk menjadi mitra franchisee Amazy disini

PT Magfood Amazy Internasional

Jalan Duren Tiga Raya No. 46 Pancoran, Jakarta Selatan, Indonesia 12760
Phone: +6221 7919 3162 / 79195134
Fax: +6221 7919 5364
Hotline: +62816866251 / +628111347161
Email: magfood@cbn.net.id
https://amazy.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

PROMO SPESIAL

Amazy Frozen Food

Gunakan Kupon "AMAZY10K".
Dapatkan potongan 10k dengan minimal pembelian 100k.

This will close in 0 seconds

Pilih salah satu voucher