Media Sosial dan Kesuksesan UMKM
Di era digital seperti sekarang, smartphone seakan tak lepas dari genggaman setiap orang. Koneksi internet memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara real time meski terpisah jarak yang cukup jauh. Berbagai media sosial pun terus berkembang dan meningkat penggunaannya, sebut saja Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, Tiktok, hingga Whatsapp.
Untuk pelaku usaha termasuk UMKM, media sosial sangat berperan penting dalam membangun sebuah bisnis saat ini. Jangan anggap remeh kekuatan media sosial yang bisa Anda gunakan sarana promosi. Kini, media sosial tak lagi sekadar platform komunikasi biasa, tapi telah dimanfaatkan penggunanya untuk memenuhi kebutuhan seperti mencari produk atau jasa.
Sepanjang 2018 sampai 2022 jumlah pengguna internet di Indonesai terus bertumbuh dan perangkat mobile yang terhubung mencapai 370,1 juta dengan pengguna media sosial aktif sebesar 191,4 juta. Jumlah yang sangat besar dan sayang dilewatkan bagi pelaku UMKM untuk melebarkan jaringan pemasarannya.
Media sosial menguntungkan UMKM karena bisa diakses secara gratis. Anda bisa mendatangkan follower secara organik dengan berbagai konten yang dibuat di media sosial. Mulailah dengan media sosial yang paling Anda dan tim kuasai terlebih dulu. Dengan konsistensi, Anda akan semakin mahir menggunakan semua fitur yang disediakan di media sosial. Manfaat media sosial untuk UMKM antara lain sebagai berikut.
1. Menjangkau customer lebih luas
Anda bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan dan calon pelanggan dari berbagai penjuru di media sosial dengan beragam fitur seperti kolom komentar, DM (direct message), live streaming, dan sebagainya. Anda bisa dengan mudah menjawab berbagai pertanyaan dari mereka tanpa perlu langsung bertatap muka.
2. Promosi lebih cepat dan biaya minim
Jika jaman dulu orang perlu berkeliling menyebar brosur atau memasang pamflet, kini ada cara yang lebih mudah dan murah untuk melakukan promosi. Dengan konten salah satunya video pendek yang diposting di media sosial, Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens dengan cepat dan minim biaya.
3. Meningkatkan penjualan
Dengan bertambahnya customer, otomatis Anda juga bisa meningkatkan penjualan. Apalagi media sosial sudah bisa terhubung ke berbagai marketplace bahkan memiliki masketplace sendiri seperti Tiktokshop.
Free Webinar Amazy Edisi Juni 2023: “Memaksimalkan Media Sosial untuk Meningkatkan Penjualan UMKM”
Media sosial tidak serta merta meningkatkan penjualan Anda. Ada berbagai trik yang harus Anda pelajari untuk memaksimalkan media sosial agar bisa meningkatkan penjualan.
Berbekal pengalaman mengelola berbagai media sosial, Amazy mengadakan webinar gratis untuk mendukung UMKM yang ingin meningkatkan penjualan dengan media sosial.
Pemateri pada webinar ini adalah praktisi yang sudah berpengalaman di dunia bisnis food & beverages yaitu Ibu Yanti Melianty Isa (Founder & CEO PT. Magfood Amazy Internasional) dan Abdul Rosidin (Trainer dan Management Outlet PT. Magfood Amazy Internasional). Catat waktu dan tanggalnya berikut ini.
Tanggal : Sabtu, 24 Juni 2023
Waktu : 10.00 – 11.00 WIB
Biaya : Gratis dan Terbuka untuk Umum
Registrasi : htps://bit.ly/webinaramazy-juni2023
Meeting ID (Zoom) : 9845512792
Passcode : 1234
Amazy tetap Bertahan di Era Digital
Trend konsumsi masyarakat berubah seiring waktu di era digital. Media sosial sudah sangat lekat dengan kehidupan masyarakat. Terutama setelah munculnya Pandemi Covid-19 yang memaksa pola hidup masyarakat berubah drastis. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat Amazy untuk beradaptasi sehingga bisa bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Beragam trend muncul di era pandemi dan masih bertahan hingga saat ini. Trend ini bisa menjadi peluang untuk berjualan secara online.
1. Online Shopping
Di era pandemi, banyak offline store yang terpaksa tutup sehingga orang lebih memilih belanja online (online shopping). Masyarakat yang tidak terbiasa berbelanja online pun sudah semakin mahir.
2. Delivery Order
Dengan munculnya beragam marketplace online yang menawarkan kebutuhan sehari-hari, trend delivery order pun meningkat.
3. Posting Social Media
Saat menyukai atau bahkan ingin mengeluh tentang suatu produk, konsumen di era digital terbiasa untuk memposting di social media.
Trend tersebut harus dimanfaatkan oleh UMKM untuk melebarkan jaringan bisnisnya dengan mengoptimalkan penggunaan media sosial.
Sekilas tentang Franchise Amazy Family Resto
Amazy Family Resto adalah jaringan franchise restoran keluarga yang tersebar di seluruh Indonesia dan Malaysia dengan menu andalan fried chicken bumbu khas indonesia serta berbagai kreasi makanan keluarga. Amazy dimulai dari gerobak fried chicken dengan merek MagFood Red Crispy pada tahun 2002, hingga bisa tersebar ke seluruh Indonesia dengan konsep franchise. Merek Amazy Family Resto mulai digunakan pada tahun 2007 untuk meningkatkan positioning dan segmen pasar, dan dilanjutkan dengan pembentukan PT. MagFood Amazy Internasional sebagai perusahaan franchisor yang profesional.
Amazy Family Resto terus dikembangkan secara konsep menu maupun konsep branding restoran sehingga memilki daya saing di tengah persaingan yang sangat ketat. Saat ini, menu-menu Amazy makin beragam sesuai dengan kebutuhan pasar seperti menu Ayam geprek mozzarella, Ayam dengan nasi daun jeruk, berbagai Spaghetti, Chicken steak, Chicken cheese sauce, juga berbagai minuman yang kekinian seperti Manggo squash, Grape squash, Chocolate stick float, Oreo blast, aneka Milkshake, dan masih banyak lagi.
Amazy juga sangat peduli dengan berbagai kegiatan edukasi anak-anak melalui “Amazy Fun Education” dengan seru seperti cooking class, lomba mewarnai, fashion show, menghafal surat Al Quran, wisata alam, dan sebagainya. Hal ini menjadikan Amazy Memiliki hubungan emosional dengan konsumennya.
Untuk menjadi mitra Franchise Amazy, dibutuhkan para pengusaha yang ingin mengembangkan merek lokal di kotanya berada. Dengan sistem yang sudah teruji dari Amazy, mitra franchise akan didampingi dalam penyusunanan “Business Plan” di awal usaha, penyusunan rencana kerja, serta pelatihan sebelum pembukaan dan saat menjalankan usaha di awal yang mencakup berbagai aspek manajemen seperti pelatihan memasak, manajemen SDM, manajemen keuangan, program promosi, pelayanan, operasional dan sebagainya.
Usaha Frozen Food Untuk Pemula
AMAZY FROZEN FOOD diproduksi oleh PT Magfood Amazy Internasional yang bergerak di usaha restoran AMAZY FAMILY RESTO, yang dikembangkan melalui sistem franchise sehingga bisa tersebar di seluruh Indonesia dan Malaysia. Pada tahun 2018, Amazy mulai meluncurkan AMAZY FROZEN FOOD untuk memenuhi pasar yang lebih luas. Dengan pengalaman usaha makanan lebih dari 22 tahun, produksi AMAZY FROZEN FOOD memiliki manajemen keamanan pangan dengan sertifikasi CPPOB (Cara Produksi Produk Olahan yang Baik) dari BPOM, sertifikasi halal dan ijin Edar BPOM.
AMAZY FROZEN FOOD didistribusikan dengan jaringan reseller dan agen sesuai Visi Misi Perusahaan untuk mengembangkan wirausaha di Indonesia. Para reseller dan agen diharapkan bisa mengembangkan usahanya dengan berbagai program dukungan Marketing dan Pelatihan dari Amazy.
Bagi pemula, menjadi reseller atau dropshipper frozen food adalah pilihan yang tepat karena tidak membutuhkan banyak modal, risiko lebih rendah, dan lebih mudah. Amazy Frozen Food membuka peluang reseller dengan modal minim untuk Anda. Berbagai produk Amazy Frozen Food bisa Anda lihat di https://amazy.co.id/produk/
Cara Jadi Reseller Amazy Frozen Food
Untuk menjadi reseller, cukup melakukan pembelian minimal sebanyak Rp 500.000,-. Amazy sudah menyiapkan skema harga produk untuk reseller, agen, dan dropshipper agar persaingan sehat. Namun bagi reseller yang menjual produk ke komunitas yang dimilikinya, tidak menutup kemungkinan juga jika ingin menaikkan harga dan tetap mendapat konsumen yang membeli produk Amazy melalui reseller tersebut.
Keuntungan menjadi reseller Amazy Frozen Food adalah modal yang terjangkau, konsep produk dan konten sudah disusun dengan baik sehingga Anda bisa fokus memasarkan produk di sosial media, dan jika anda masih awam di dunia bisnis online menggunakan social media dan marketplace, anda tidak perlu khawatir karena tim Amazy juga akan membimbing Anda.
Paket Reseller Amazy Frozen Food
1. Paket Silver (Rp500.000,-)
Paket ini cocok untuk reseller pemula yang masih melakukan test pasar dengan fasilitas yang ditawarkan yaitu spanduk ukuran 2×2 m, brosur 50 pcs, dan aneka produk Amazy Frozen Food.
2. Paket Gold (Rp1.000.000,-)
Paket selanjutnya yang bisa Anda pilih yaitu paket gold dengan fasilitas spanduk 2×2 m dan brosur 50 pcs berikut aneka produk Amazy Frozen Food yang lebih lengkap dan lebih banyak dibanding paket silver.
3. Paket Platinum (Rp4.500.000,-)
Dengan paket platinum, Anda tidak perlu repot mencari freezer karena paket ini sudah termasuk freezer 200 liter ditambah sticker branding 1 unit, spanduk 2×2 m, brosur 50 pcs, dan aneka produk Amazy Frozen Food lengkap.
Cara Jadi Dropshipper Amazy Frozen Food
Setelah mengetahui apa itu sistem dropshipping dan mengenal banyak kelebihannya, anda bisa mendaftarkan diri jadi dropshipper Amazy Frozen Food dengan alur dan ketentuan sebagai berikut:
1. Mengisi Data Diri
2. Amazy akan mengirimkan konten amazy frozen food untuk dipromosikan
3. Apabila ada transaksi penjualan, dropshiper menginfokan pesanan dan alamat kirimnya
4. Ongkir akan ditanggung oleh dropshipper atau customernya
5. Pesanan akan diproses setelah melakukan transfer
PT Magfood Amazy Internasional
Jalan Duren Tiga Raya No. 46 Pancoran, Jakarta Selatan, Indonesia 12760
Phone: +6221 7919 3162 / 79195134
Fax: +6221 7919 5364
Hotline: +62816866251 / +628111347161
Email: magfood@cbn.net.id
https://amazy.co.id/