Menu Tutup

Cara Menyimpan Bahan Baku Tepung agar Awet dan Tidak Berkutu

Salah satu masalah yang sering ditemui saat menyimpan bahan baku tepung seperti tepung bumbu, tepung terigu, tepung tapioka, dan lain-lain adalah munculnya kutu. Untuk keperluan usaha, biasanya tepung dibeli dalam jumlah banyak dan disimpan di gudang penyimpanan pada masa tertentu sebelum digunakan. Masa penyimpanan inilah yang rentan untuk menjaga kualitas tepung terutama yang telah dibuka namun tidak digunakan sampai habis.

Penyimpanan yang baik sangat penting untuk menjaga kualitas tepung. Tidak hanya mencegah kemunculan kutu, penyimpanan yang baik juga bisa menjaga mutu tepung seperti warna, aroma, tekstur, dan rasanya. Penyimpanan yang benar juga menghindarkan tepung dari pertumbuhan kontaminan lain seperti kapang (jamur).

Bagaimana cara menyimpan bahan baku tepung dengan baik? Amazy akan membagikan tipsnya untuk Anda.

1. Simpan Tepung dalam Wadah Kedap Udara

Agar tepung lebih awet dan tidak berkutu, simpan di wadah kedap udara. Anda bisa menggunakan wadah plastik atau kaca yang tertutup. Tepung bisa terkontaminasi jika terjadi kontak langsung dengan udara. Udara mengandung uap air dan berbagai kontaminan lain seperti telur kutu, serangga, dan spora jamur. Uap air bisa meningkatkan kelembapan tepung sehingga tepung menggumpal dan lama-lama tercium aroma apek.

Jika memakai wadah plastik, sebaiknya gunakan yang agak tebal. Jika Anda akan menyimpan kembali tepung yang sudah dibuka, ganti kemasan dengan yang baru dan bisa ditutup rapat atau seal kembali plastic tepung. Jangan menggunakan stapler karena bisa menjadi celah udara masuk ke dalam kemasan.

2. Letakkan di Rak atau Lemari Kedap Air

Untuk menyimpan bahan baku apapun termasuk tepung, hindari lemari dan rak dari material kayu karena mudah lembap dan bisa ditumbuhi rayap. Gunakan rak stainless steel, namun jika belum memiliki tempat penyimpanan stainless steel, sementara bisa menggunakan rak dengan plastic yang tebal.

3. Kemas Tepung dalam Ukuran Kecil Sekali Pakai

Untuk menghindari kemasan tepung dibuka tutup, Anda bisa mengemasnya di awal untuk kebutuhan sekali pakai sehingga tepung terhindari dari kutu dan kontaminan lainnya. Cara ini membuat proses produksi lebih efisien.

4. Tambahkan Silica Gel

Untuk menjaga tepung tetap kering, Anda bisa menggunakan silica gel di wadah penyimpanan tepung. Pilih silica gel kualitas food grade. Tepung yang lembap lebih mudah berkutu dan berjamur karena itu tepung harus dijaga tetap kering.

5. Terapkan Sistem FIFO dan FEFO

Dalam menyimpan bahan baku, sebaiknya gunakan sistem FIFO (first in first out) atau FEFO (first expired first out). Catat tanggal kedatangan tepung dan tanggal dibuka pada kemasan tepung, sehingga Anda bisa memprioritaskan untuk memakai tepung yang datang lebih awal, dibuka lebih awal, atau kadaluarsanya lebih dekat.

6. Simpan Tepung di Freezer

Tepung juga bisa disimpan di freezer agar lebih aman dari kontaminasi kutu. Pastikan tepung tertutup rapat dalam wadah kedap udara sebelum disimpan di freezer.
Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah tepung ditumbuhi kutu, berjamur, dan bau apek. Untuk bahan baku produk, pilihlah tepung berkualitas dan aman dengan ijin edar seperti Amazy Tepung Bumbu Ayam Crispy.

Amazy Tepung Bumbu Ayam Crispy

Ayam goreng tepung crispy sangat disukai dan menjadi salah satu comfort food untuk masyarakat Indonesia. Dengan berbagai inovasi seperti ayam geprek aneka sambal, ayam tepung crispy kini semakin diminati.

Untuk menghadirkan menu ayam crispy gerobakan, catering, atau bahkan di café dam resto, Anda tak perlu repot meracik tepung bumbu sendiri. Membuat formulasi tepung dengan bumbu yang lezat dan tekstur hasil gorengan yang pas merupakan hal yang rumit. Namun, Anda tidak perlu khawatir kerena bisa menggunakan Amazy Tepung Bumbu Ayam Crispy yang terbuat dari bahan pilihan berkulitas, dengan tambahan aneka bumbu rempah khas Amazy, menghasilkan hasil gorengan yang crispy, gurih, dan lezat.

Komposisi:

Terigu, Garam, soda kue, Penyedap rasa, rempah-rempah, gula, cabai bubuk, pewarna alami paprika, anti kempal, minyak nabati

Persiapan:

1. Potong 1 ekor ayam (±1kg), sesuai kebutuhan, bersihkan, kemudian bumbui dengan garam & lada secukupnya
2. Buat adonan basah dengan melarutkan 6 sendok makan tepung crispy amazy dengan 150 ml air (±) 1 gelas air
3. Sisa tepung crispy Amazy digunakan sebagai adonan kering.

Cara Memasak :

1. Masukan ayam kedalam adonan basah hingga rata
2. Gulingkan kedalam adonan kering sambil ditekan dan diremas (±) 3 kali hingga terbentuk crispy
3. Goreng dengan minyak panas suhu 150⁰C hingga bewarna kuning keemasan

Saran :

– Gunakan metode menggoreng deep fry/ seluruh bagian ayam terendam minyak, agar mendapatkan hasil ayam crispy yang sempurna
– Pastikan suhu minyak sudah mencapai panas yang ditentukan, agar mendapatkan hasil ayam yang crispy dan tidak banyak menyerap minyak

Komposisi:

Terigu, Garam, soda kue, Penyedap rasa, rempah-rempah, gula, cabai bubuk, pewarna alami paprika, anti kempal, minyak nabati

Persiapan:

  1. Potong 1 ekor ayam (±1kg), sesuai kebutuhan, bersihkan, kemudian bumbui dengan garam & lada secukupnya
  2. Buat adonan basah dengan melarutkan 6 sendok makan tepung crispy amazy dengan 150 ml air (±) 1 gelas air
  3. Sisa tepung crispy Amazy digunakan sebagai adonan kering.

Cara Memasak :

  1. Masukan ayam kedalam adonan basah hingga rata
  2. Gulingkan kedalam adonan kering sambil ditekan dan diremas (±) 3 kali hingga terbentuk crispy
  3. Goreng dengan minyak panas suhu 150⁰C hingga bewarna kuning keemasan

Saran :

  • Gunakan metode menggoreng deep fry/ seluruh bagian ayam terendam minyak, agar mendapatkan hasil ayam crispy yang sempurna
  • Pastikan suhu minyak sudah mencapai panas yang ditentukan, agar mendapatkan hasil ayam yang crispy  dan tidak banyak menyerap minyak

Amazy Frozen Food

AMAZY FROZEN FOOD diproduksi oleh PT. Magfood Amazy Internasional yang bergerak di bidang usaha restoran AMAZY FAMILY RESTO. Amazy Family Resto dikembangkan melalui sistem franchise kini sudah tersebar di seluruh Indonesia dan Malaysia. Amazy menawarkan menu fried chicken dengan bumbu khas Indonesia dan berbagai kreasi makanan keluarga.

Pada tahun 2018, AMAZY FROZEN FOOD mulai diluncurkan untuk memenuhi pasar yang lebih luas. Dengan pengalaman usaha makanan lebih dari 22 tahun, produksi AMAZY FROZEN FOOD memiliki manajemen keamanan pangan dengan sertifikasi CPPOB (Cara Produksi Produk Olahan yang Baik) dari BPOM, sertifikasi Halal, dan ijin Edar BPOM.

AMAZY FROZEN di distribusikan dengan jaringan reseller dan agen, sesuai Visi Misi Perusahaan untuk mengembangkan wirausaha di Indonesia. Para reseller dan agen diharapkan bisa mengembangkan usahanya dengan berbagai program dukungan Marketing dan Pelatihan dari Amazy.

Berbagai produk Amazy Frozen Food bisa Anda lihat di https://amazy.co.id/produk/

Cara Jadi Reseller Amazy Frozen Food

Untuk menjadi reseller, cukup melakukan pembelian minimal sebanyak Rp 500.000,-. Amazy sudah menyiapkan skema harga produk untuk reseller, agen, dan dropshipper agar persaingan sehat. Namun bagi reseller yang menjual produk ke komunitas yang dimilikinya, tidak menutup kemungkinan juga jika ingin menaikkan harga dan tetap mendapat konsumen yang membeli produk Amazy melalui reseller tersebut.

Keuntungan menjadi reseller Amazy Frozen Food adalah modal yang terjangkau, konsep produk dan konten sudah disusun dengan baik sehingga Anda bisa fokus memasarkan produk di sosial media, dan jika anda masih awam di dunia bisnis online menggunakan social media dan marketplace, anda tidak perlu khawatir karena tim Amazy juga akan membimbing Anda.

Paket Reseller Amazy Frozen Food

  1. Paket Silver (Rp500.000,-)

Paket ini cocok untuk reseller pemula yang masih melakukan test pasar dengan fasilitas yang ditawarkan yaitu spanduk ukuran 2×2 m, brosur 50 pcs, dan aneka produk Amazy Frozen Food.

  1. Paket Gold (Rp1.000.000,-)

Paket selanjutnya yang bisa Anda pilih yaitu paket gold dengan fasilitas spanduk 2×2 m dan brosur 50 pcs berikut aneka produk Amazy Frozen Food yang lebih lengkap dan lebih banyak dibanding paket silver.

  1. Paket Platinum (Rp4.500.000,-)

Dengan paket platinum, Anda tidak perlu repot mencari freezer karena paket ini sudah termasuk freezer 200 liter ditambah sticker branding 1 unit, spanduk 2×2 m, brosur 50 pcs, dan aneka produk Amazy Frozen Food lengkap.

Cara Jadi Dropshipper Amazy Frozen Food

Setelah mengetahui apa itu sistem dropshipping dan mengenal banyak kelebihannya, anda bisa mendaftarkan diri jadi dropshipper Amazy Frozen Food dengan alur dan ketentuan sebagai berikut:

  1. Mengisi Data Diri dengan menghubungi No. CS Amazy WA : +6281-1134-7161
  2. Amazy akan mengirimkan konten amazy frozen food untuk dipromosikan
  3. Apabila ada transaksi penjualan, dropshiper menginfokan pesanan dan alamat kirimnya
  4. Ongkir akan ditanggung oleh dropshipper atau customernya
  5. Pesanan akan diproses setelah melakukan transfer

PT Magfood Amazy Internasional

Jalan Duren Tiga Raya No. 46 Pancoran, Jakarta Selatan, Indonesia 12760

Phone: +6221 7919 3162 / 79195134

Fax: +6221 7919 5364

Hotline: +62816866251 / +628111347161

Email: magfood@cbn.net.id

https://amazy.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

PROMO SPESIAL

Amazy Frozen Food

Gunakan Kupon "AMAZY10K".
Dapatkan potongan 10k dengan minimal pembelian 100k.

This will close in 0 seconds

Pilih salah satu voucher