Trend Konsumen di Era Digital
Ponsel yang selalu dalam genggaman membuat trend konsumsi masyarakat berubah seiring waktu. Media sosial pun sudah sangat lekat dengan kehidupan masyarakat. Terutama setelah munculnya Pandemi Covid-19 yang memaksa pola hidup masyarakat berubah drastic. Beragam trend muncul era pandemi dan masih bertahan hingga saat ini. Trend ini bisa menjadi peluang untuk usaha frozen food secara online.
- WFH (Work From Home)
Jika awalnya WFH dilakukan secara terpaksa untuk pembatasan interaksi sosial, kini tidak lagi. Pandemi menumbuhkan kesadaran bahwa tidak semua pekerjaan harus dilakukan di office karena beberapa pekerjaan bisa dilakukan bermodal koneksi internet saja seperti designer grafis, web developer, content writer, dan sebagainya. Namun pekerjaan tersebut meski dilakukan di rumah tetap menghabiskan banyak waktu sehingga tidak banyak waktu luang yang tersisa untuk memasak.
- Online Shopping
Di era pandemi, banyak offline store yang terpaksa tutup sehingga orang lebih memilih belanja online (online shopping). Masyarakat yang tidak terbiasa berbelanja online pun sudah semakin mahir.
- Delivery Order
Dengan munculnya beragam marketplace online yang menawarkan kebutuhan sehari-hari, trend delivery order pun meningkat.
- Posting Social Media
Saat menyukai atau bahkan ingin mengeluh tentang suatu produk, konsumen di era digital terbiasa untuk memposting di social media.
Manfaatkan Kekuatan Sosial Media untuk Berjualan Frozen Food
Media sosial seperti Instagram, Tiktok, Youtube, Facebook, dan sebagainya memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan berbagi konten dengan orang lain secara online. Sepanjang 2018 sampai 2022 jumlah pengguna internet di Indonesai terus bertumbuh dan perangkat mobile yang terhubung mencapai 370,1 juta dengan pengguna media sosial aktif sebesar 191,4 juta.
Rasanya rugi sekali jika Anda sebagai pelaku usaha tidak bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi dan berjualan. Anda bisa memulai dengan media sosial yang paling dikuasai terlebih dulu karena media sosial bisa memberikan beragam manfaat seperti:
- Media komunikasi
- Program promo dapat dibagikan secara lebih cepat.
- Meningkatkan branding dan promosi dengan biaya minim.
- Menjangkau customers lebih luas sehingga dapat meningkatkan penjualan.
Buat Konten Interaktif untuk Menaikkan Penjualan
Pemanfaatan media sosial sebagai saluran pemasaran harus lebih kreatif. Sebab, pelanggan kini menginginkan adanya sesuatu yang menghibur dan melibatkan partisipasi mereka. Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat konten yang interaktif.
Konten interaktif adalah salah satu jenis konten yang mengundang respons dari pengguna media sosial. Membagikan konten tersebut akan memberikan insight atau wawasan yang lebih luas bagi para audiens. Misalnya, mengadakan kuis, giveaway, undian berhadiah, challenge, dan sebagainya. Dengan begitu, kita bisa mengajak pelanggan untuk ikut terlibat dalam pemasaran bisnis. Selain itu, tipe konten interaktif yang beragam dapat meningkatkan engagement di media sosial.
Pada webinar Amazy yang bertajuk “Konten Interaktif yang Meningkatkan Penjualan Frozen Food”, Raisa Diah Nurrifta (R&D PT. Magfood Amazy Internasional) mengulas seluk beluk cara membuat konten interaktif yang baik agar memberikan efek yaitu peningkatan penjualan.
Contoh Konten Interaktif
- Video Tutorial Memasak
Buatlah video yang menunjukan cara memasak hidangan lezat dari produk frozen food yang dijual. Anda juga bisa menyertakan tips bagaimana menggunakan produk dan mendapatkan hasil terbaik dari produk yang dipilih, misalnya cara menggoreng Amazy Chicken Nugget agar hasilnya juicy dan crispy. Buat video singkat dan padat tanpa bertele-tele. Sertakan opsi interaktif misalnya minta audiens untuk menilai hasil masakan dari 1-10.
- Kreasi Resep
Anda bisa berkreasi dengan membuat variasi menu dari frozen food misalnya Resep Amazy Chicken Katsu Sambal Matah. Jangan lupa untuk selalu menyertakan link langsung ke toko online agar audiens bisa langsung melakukan transaksi setelah menonton video.
Follow instagram https://www.instagram.com/amazy_frozenfood untuk mendapatkan info kreasi resep lainnya.
- Tips Penyimpanan
Video berisi tentang tips penyimpanan produk frozen food yang baik dan benar agar masih bisa digunakan setelah dibuka. - Testimoni Customer
Minta pelanggan untuk membagikan pengalaman setelah mengonsumsi produk frozen food. Honest review dari pelanggan biasanya terasa lebih dekat dengan konsumen dan lebih meyakinkan. - Kolaborasi Influencer
Jika memiliki budget promosi, Anda bisa melakukan kolaborasi dengan influencer. Jangan asal memilih influencer karena audiens mereka harus sesuai dengan target market Anda.
Tips Live Tiktok: Media Sosial Terbesar Saat Ini
TikTok menjadi salah satu media sosial yang paling populer saat ini. Aplikasi ini bahkan menjadi media sosial yang paling banyak diunduh oleh masyarakat pada 2021. Tak hanya masyarakat umum, selebriti pun berlomba Live Tiktok untuk berjualan. Apa saja yang harus Anda perhatikan untuk live Tiktok? Ini dia tipsnya.
- Tentukan waktu live yang tepat
Hindari jam kerja dan jam sibuk agar live ramai penonton. Sebaliknya, di waktu orang bersantai selepas kerja dan beraktifitas biasanya live Tiktok lebih efektif.
- Persiapkan tempat dan alat-alat yang memadai
Siapkan koneksi internet yang baik, tempat yang menarik dan terang, alat-alat pendukung termasuk kamera yang jernih. Visual pada say live harus dipersiapakn dengan matang agar menarik perhatian. - Rencanakan sesi live dengan baik
Agar tidak bingung dan mati gaya saat live, sediakan catatan sesi live seperti demo masak, QnA produk, hingga games dan giveaway. - Sediakan judul live yang menarik
Hanya ada waktu beberapa detik sebelum orang memutuskan menonton live Anda atau tidak. Karena itu, sediakan judul menarik misalnya “Bagi-bagi Amazy Fried Chicken”. - Libatkan audiens
Selalu melibatkan audiens adalah kunci keberhasilan live. Biarkan mereka bertanya tentang produk dan melihat-lihat produk. Tunjukkan satu per satu produk yang Anda punya sesuai pertanyaan audiens. - Sertakan CTA
Jangan lupa untuk selalu menyertakan CTA. Di Tiktok, Anda bisa mencantumkan link produk langsung dari Tiktokshop. Sampaikan bahwa promo hanya berlangsung sementara atau saat live saja. Anda juga bisa minta audiens untuk menonton live pada waktu yang sama besok atau minggu depan.
Follow akun tiktok Amazy Frozen Food untuk tips dan resep frozen food
Usaha Frozen Food Untuk Pemula
Bagi pemula, menjadi reseller atau dropshipper frozen food adalah pilihan yang tepat karena tidak membutuhkan banyak modal, risiko lebih rendah, dan lebih mudah. Amazy Frozen Food membuka peluang reseller dengan modal minim untuk Anda. Berbagai produk Amazy Frozen Food bisa Anda lihat di https://amazy.co.id/produk/
Cara Jadi Reseller Amazy Frozen Food
Untuk menjadi reseller, cukup melakukan pembelian minimal sebanyak Rp 500.000,-. Amazy sudah menyiapkan skema harga produk untuk reseller, agen, dan dropshipper agar persaingan sehat. Namun bagi reseller yang menjual produk ke komunitas yang dimilikinya, tidak menutup kemungkinan juga jika ingin menaikkan harga dan tetap mendapat konsumen yang membeli produk Amazy melalui reseller tersebut.
Keuntungan menjadi reseller Amazy Frozen Food adalah modal yang terjangkau, konsep produk dan konten sudah disusun dengan baik sehingga Anda bisa fokus memasarkan produk di sosial media, dan jika anda masih awam di dunia bisnis online menggunakan social media dan marketplace, anda tidak perlu khawatir karena tim Amazy juga akan membimbing Anda.
Paket Reseller Amazy Frozen Food
- Paket Silver (Rp500.000,-)
Paket ini cocok untuk reseller pemula yang masih melakukan test pasar dengan fasilitas yang ditawarkan yaitu spanduk ukuran 2×2 m, brosur 50 pcs, dan aneka produk Amazy Frozen Food.
- Paket Gold (Rp1.000.000,-)
Paket selanjutnya yang bisa Anda pilih yaitu paket gold dengan fasilitas spanduk 2×2 m dan brosur 50 pcs berikut aneka produk Amazy Frozen Food yang lebih lengkap dan lebih banyak dibanding paket silver.
- Paket Platinum (Rp4.500.000,-)
Dengan paket platinum, Anda tidak perlu repot mencari freezer karena paket ini sudah termasuk freezer 200 liter ditambah sticker branding 1 unit, spanduk 2×2 m, brosur 50 pcs, dan aneka produk Amazy Frozen Food lengkap.
Cara Jadi Dropshipper Amazy Frozen Food
Setelah mengetahui apa itu sistem dropshipping dan mengenal banyak kelebihannya, anda bisa mendaftarkan diri jadi dropshipper Amazy Frozen Food dengan alur dan ketentuan sebagai berikut:
- Mengisi Data Diri
- Amazy akan mengirimkan konten amazy frozen food untuk dipromosikan
- Apabila ada transaksi penjualan, dropshiper menginfokan pesanan dan alamat kirimnya
- Ongkir akan ditanggung oleh dropshipper atau customernya
- Pesanan akan diproses setelah melakukan transfer
AMAZY FROZEN FOOD diproduksi oleh PT Magfood Amazy Internasional yang bergerak di usaha restoran AMAZY FAMILY RESTO, yang dikembangkan melalui sistem franchise sehingga bisa tersebar di seluruh Indonesia dan Malaysia. Dengan Menu fried chicken khas indonesia dengan berbagai kreasi makanan keluarga. Pada tahun 2018 mulai meluncurkan AMAZY FROZEN FOOD untuk memenuhi pasar yang lebih luas. Dengan pengalaman usaha makanan lebih dari 22 tahun, produksi AMAZY FROZEN FOOD memiliki manajemen keamanan pangan dengan sertifikasi CPPOB (Cara Produksi Produk Olahan yang Baik) dari BPOM, sertifikasi halal dan ijin Edar BPOM.
AMAZY FROZEN di distribusikan dengan jaringan reseller dan agen dimana hal ini sesuai Visi Misi Perusahaan untuk mengembangkan wirausaha di Indonesia. Para reseller dana gen diharapkan bisa mengembangkan usahanya dengan berbagai program dukungan Marketing dan Pelatihan dari perusahaan.
PT Magfood Amazy Internasional
Jalan Duren Tiga Raya No. 46 Pancoran, Jakarta Selatan, Indonesia 12760
Phone: +6221 7919 3162 / 79195134
Fax: +6221 7919 5364
Hotline: +62816866251 / +628111347161
Email: magfood@cbn.net.id