Menu Tutup

Foto Produk: Cara, Manfaat, Tips Foto dan Pilih Vendor Fotografer

Foto produk memiliki peran yang sangat penting dalam digital marketing untuk mempromosikan produk dan mencapai target audiens. Foto produk yang baik dapat membuat produk Anda menonjol di tengah persaingan promosi yang sengit, sehingga menarik minat calon pembeli. Foto produk adalah gambar atau visualisasi dari suatu produk yang diambil dengan tujuan untuk mempromosikan, menjual, atau menginformasikan tentang produk tersebut kepada calon pembeli atau konsumen. Foto produk biasanya digunakan dalam berbagai media, seperti katalog produk, brosur, situs web, media sosial, dan iklan.

Kali ini, Amazy akan berbagi info penting seputar foto produk mulai dari pentingnya foto produk untuk branding, waktu yang tepat untuk mengambil foto produk, tips mendapatkan foto produk yang berkualitas, hingga kiat memilih vendor fotografer. Simak penjelasannya, ya!

Apa manfaat foto produk untuk branding?

Tujuan utama dari foto produk adalah untuk memberikan gambaran yang akurat dan menarik tentang produk kepada calon konsumen. Foto produk yang baik harus mampu menampilkan fitur-fitur produk dengan jelas, memberikan ide tentang ukuran, bentuk, warna, dan detail-detail lainnya. Selain itu, foto produk juga dapat membantu menciptakan branding dan identitas visual bagi merek atau perusahaan.

Foto produk yang berkualitas tinggi dapat berdampak positif pada persepsi konsumen terhadap produk dan dapat meningkatkan peluang penjualan. Inilah berbagai manfaat yang akan Anda peroleh dengan foto produk yang baik.

1. Membuat identitas visual produk yang konsisten
2. Meningkatkan brand value
3. Mengenalkan brand awareness melalui produk
4. Mempengaruhi persepsi pelanggan
5. Meningkatkan kepercayaan customer
6. Meningkatkan daya saing produk

Kapan pengambilan foto produk harus dilakukan?

Waktu yang tepat untuk mengambil foto produk sangat tergantung pada kebutuhan bisnis. Biasanya, photoshoot dilakukan pada saat produk akan launching, pembaharuan kemasan, atau rebranding. Photoshoot juga bisa dilakukan secara berkala agar visualisasi produk di media yang Anda gunakan tetap fresh dan up to date.

Apakah perlu menggunakan jasa fotografer profesional?

Sesuaikan budget dan sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk memilih menggunakan jasa fotografer atau melakukan pemotretan secara mandiri di perusahaan. Apabila perusahaan sudah memiliki fasilitas yang menunjang, maka pemotretan bisa dilakukan di kantor. Fasilitas meliputi kamera, lighting, dan properti fotografi. Skill fotografer yang menunjang juga sangat dibutuhkan untuk mendapatkan foto yang berkualitas.

Tips Memilih Vendor Fotografer

Saat ini, banyak sekali jasa pemotretan produk yang bisa Anda pilih sesuai budget dan konsep yang diinginkan. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dan memperhatikan beberapa aspek berikut ini.

1. Portofolio yang sesuai dengang konsep brand

Lakukan riset potofolio sebelum memilih fotografer. Biasanya, fotografer akan memamerkan portofolio di media sosial mereka, atau Anda bisa memintanya secara khusus. Hasil foto harus sesuai dengan konsep brand dari produk Anda.

2. Fasilitas: Properti Foto dan Alat Persiapan

Tanyakan kepada vendor apakah mereka menyediakan properti foto yang sesuai untuk produk Anda, misanya alat makan cantic dan hiasan. Fasilitas persiapan seperti alat masak untuk produk ready to cook juga diperlukan.

3. Ketersediaan Food Stylist untuk Produk Makanan

Foto produk makanan harus dikondisikan sedemikian rupa oleh food stylist agar terlihat cantik dan menggugah selera di kamera. Foto juga harus bisa menonjolkan fitur-fitur penting pada produk agar bisa divisualisasi dengan baik.

4. Durasi pemotretan dan jumlah foto dalam paket photoshoot

Jangan lupa untuk mendiskusikan durasi pemotretan dalam paket photoshoot. Pastikan durasi dihitung dari persiapan atau pengambilan foto pertama. Selain itu, pastikan juga jumlah foto yang diperoleh dalam satu paket photoshoot.

Persiapan Foto Produk

Ada berbagai hal yang harus Anda persiapkan agar pemotretan berjalan sesuai rencana seperti berikut ini.

1. Tentukan tujuan pemotretan. Hal ini sangat penting karena akan menentukan foto digunakan untuk kebutuhan kemasan, sosial media, atau yang lainnya. Tujuan berbeda akan menuntut konsep foto yang berbeda.
2. Tentukan moodboard sebelum melakukan proses photoshoot.
3. Cari referensi foto yang sesuai dengan konsep brand.
4. Persiapkan property yang sesuai dengan konsep foto.
5. Bila diperlukan, siapakan mock up produk agar produk tidak mudah rusak atau lebih stabil ketika proses pemotretan.
6. Usahakan untuk tidak mengubah bentuk asli produk.
7. Cari referensi foto dengan berbagai macam angle.

Cara Mendapatkan Foto Produk yang Optimal

Ada kalanya Anda ingin mengambil foto produk tanpa menggunakan jasa fotografer, misalnya untuk kebutuhan konten story yang diunggah setiap hari di media sosial. Pengambilan foto produk harus memperhatikan pencahayaan yang baik, latar belakang yang sesuai, sudut pandang yang optimal, dan pemilihan elemen-elemen lain yang mendukung untuk menghasilkan gambar yang menarik dan informatif. Inilah beberapa hal yang perlu Anda cermati untuk mengambil foto produk.

1. Kualitas Foto Tinggi

Pastikan foto produk Anda memiliki kualitas yang tinggi dan tajam. Foto yang buram atau kurang jelas dapat mengurangi daya tarik produk Anda.

2. Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan yang baik adalah kunci untuk mengambil foto produk yang menarik. Gunakan pencahayaan alami atau lampu studio untuk menghindari bayangan yang tidak diinginkan.

3. Latar yang Sesuai

Latar yang bersih dan sesuai dengan karakter produk akan membantu produk Anda menjadi fokus utama dalam foto. Hindari latar yang terlalu ramai sehingga produk tidak hilang dalam visual.

4. Angle dan Perspektif yang Menarik

Eksplorasi berbagai angle pengambilan gambar untuk menemukan angle terbaik yang dapat memperlihatkan produk dari berbagai sisi.

5. Tampilan Produk yang Akurat

Pastikan produk dalam foto sesuai dengan apa yang sebenarnya diterima oleh pelanggan. Hindari pengeditan berlebihan yang dapat menyesatkan konsumen.

6. Komposisi yang Menarik

Terapkan prinsip komposisi seperti aturan sepertiga atau garis-garis panduan lainnya untuk menciptakan tata letak visual yang menarik.

7. Warna yang Konsisten

Pastikan warna produk yang ditampilkan dalam foto sesuai dengan warna produk aslinya. Warna yang konsisten penting untuk membangun citra merek yang kuat.

8. Detail Produk yang Terekspresikan

Jika ada fitur atau detail khusus pada produk Anda, pastikan foto mampu mengeksposnya dengan jelas.

9. Ukuran yang Sesuai

Sesuaikan ukuran foto dengan platform yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan produk. Ukuran yang sesuai akan memastikan tampilan optimal pada berbagai perangkat.

10. Pemakaian Properti yang Tepat

Jika Anda menggunakan properti tambahan dalam foto (seperti aksesoris, latar belakang, atau orang), pastikan properti tersebut mendukung konsep brand dari produk Anda.

11. Konsistensi Visual

Jika Anda memiliki beberapa produk, penting untuk mempertahankan konsistensi visual dalam gaya fotografi agar tampilan toko online atau media sosial Anda terlihat seragam.

Foto produk dalam digital marketing harus bisa menginspirasi, menjual, dan membangun brand awareness yang kuat. Oleh karena itu, investasi dalam fotografi produk yang berkualitas sangatlah berharga untuk kesuksesan digital marketing.

Frozen Food: Usaha Anti Musiman

Bersama Amazy, pengusaha frozen food pemula maupun yang sudah memiliki jaringan distribusi bisa tumbuh bersama. Bagi pemula, menjadi reseller atau dropshipper frozen food adalah pilihan yang tepat karena tidak membutuhkan banyak modal, risiko lebih rendah, dan lebih mudah. Amazy Frozen Food membuka peluang reseller dengan modal minim yaitu dimulai dari Rp500.000,- saja. Amazy juga menyediakan paket agen yang lengkap dengan 1 unit freezer untuk mitra yang siap dengan skala usaha yang lebih tinggi.

Berbagai produk Amazy Frozen Food seperti Chicken Nugget, Fried Chicken, Chicken Katsu, Shabu-shabu, Ekkado, Fishroll, Beef Patty, Chicken Patty, Topokki, Corndoc, dan masih banyak lagi bisa Anda lihat di https://amazy.co.id/produk/

 

AMAZY FROZEN FOOD diproduksi oleh PT Magfood Amazy Internasional yang bergerak di usaha restoran AMAZY FAMILY RESTO, yang dikembangkan melalui sistem franchise sehingga bisa tersebar di seluruh Indonesia dan Malaysia. Pada tahun 2018, Amazy mulai meluncurkan AMAZY FROZEN FOOD untuk memenuhi pasar yang lebih luas. Dengan pengalaman usaha makanan lebih dari 22 tahun, produksi AMAZY FROZEN FOOD memiliki manajemen keamanan pangan dengan sertifikasi CPPOB (Cara Produksi Produk Olahan yang Baik) dari BPOM, sertifikasi halal dan ijin Edar BPOM.

Cara jadi Reseller Amazy Frozen Food

Untuk menjadi reseller Amazy Frozen Food, cukup melakukan pembelian minimal sebanyak Rp 500.000,-. Amazy sudah menyiapkan skema harga produk untuk reseller, agen, dan dropshipper agar persaingan sehat. Namun bagi reseller yang menjual produk ke komunitas yang dimilikinya, tidak menutup kemungkinan juga jika ingin menaikkan harga dan tetap mendapat konsumen yang membeli produk Amazy melalui reseller tersebut.

Keuntungan menjadi reseller Amazy Frozen Food adalah modal yang terjangkau, konsep produk dan konten sudah disusun dengan baik sehingga Anda bisa fokus memasarkan produk di sosial media, dan jika anda masih awam di dunia bisnis online menggunakan social media dan marketplace, anda tidak perlu khawatir karena tim Amazy juga akan membimbing Anda.

Paket Reseller Amazy Frozen Food

1. Paket Silver (Rp500.000,-)

Paket ini cocok untuk reseller pemula yang masih melakukan test pasar dengan fasilitas yang ditawarkan yaitu spanduk ukuran 2×2 m, brosur 50 pcs, dan aneka produk Amazy Frozen Food.

2. Paket Gold (Rp1.000.000,-)

Paket selanjutnya yang bisa Anda pilih yaitu paket gold dengan fasilitas spanduk 2×2 m dan brosur 50 pcs berikut aneka produk Amazy Frozen Food yang lebih lengkap dan lebih banyak dibanding paket silver.

3. Paket Platinum (Rp4.500.000,-)

Dengan paket platinum, Anda tidak perlu repot mencari freezer karena paket ini sudah termasuk freezer 200 liter ditambah sticker branding 1 unit, spanduk 2×2 m, brosur 50 pcs, dan aneka produk Amazy Frozen Food lengkap.

DAFTAR SEKARANG

PT Magfood Amazy Internasional

Jalan Duren Tiga Raya No. 46 Pancoran, Jakarta Selatan, Indonesia 12760
Phone: +6221 7919 3162 / 79195134
Fax: +6221 7919 5364
Hotline: +62816866251 / +628111347161
Email: magfood@cbn.net.id
https://amazy.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pilih salah satu voucher