Menu Tutup

Kisah Founder Amazy Family Resto dan Frozen Food di Webinar UMKM Cuan

Pada momen ini, Yanty membagikan kiat sukses membangun usaha makanan yang telah ditekuninya selama 22 tahun. Tak hanya berbagi tips dalam berinovasi menciptakan sebuah produk, Yanty juga bertanya jawab langsung dengan peserta mengenai motivasi bisnis dan teknik berbisnis makanan.

Jumat, 19 Januari 2024, CEO sekaligus founder PT. Magfood Amazy Internasional, Yanty Melyanti Isa menjadi narasumber di acara Webinar yang bertajuk “UMKM Cuan: Tonjolkan Bisnis Melalui Inovasi Produk”. Webinar ini dipersembahkan oleh LinkUMKM BRI dan diikuti oleh berbagai pelaku UMKM dari seluruh daerah di Indonesia.

Inilah rangkuman webinar UMKM Cuan yang Amazy bagikan agar bisa menjadi inspirasi dan penyemangat pagi para pelaku UMKM.

Mengapa Harus Usaha Makanan?

Usaha makanan juga sangat bisa dimulai dengan modal kecil. Banyak kreasi yang bisa Anda ciptakan dari makanan. Makanan juga merupakan produk yang relatif mudah untuk dijual, dengan catatan produk Anda memiliki positioning yang kuat dan dibutuhkan target market.

Bisnis makanan dikenal sangat kompetitif dan medan perangnya begitu berat. Namun, peluang usaha makanan tidak akan pernah padam karena sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi manusia, bahwa setiap orang butuh makanan.

Pelajari 10 Skill Ini Agar Sukses Menjalankan Bisnis Makanan

1. Mengenal Target Konsumen

Fokuslah pada identifikasi dan pemahaman karakteristik target konsumen, seperti demografi, perilaku belanja, preferensi rasa, dan kebutuhan spesifik. Analisis target konsumen membantu Anda dalam pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka, serta menentukan strategi pemasaran yang efektif.

2. Pahami Pasar dan Kompetisi

Dengan memahami pasar dan kompetisi, Anda akan lebih mudah memposisikan produk di tengah persaingan pasar. Lakukan analisis pasar dengan baik. Anda bisa memulai dengan membuat analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Identifikasi competitor Anda dan evaluasi potensi pertumbuhannya.

3. Pilih Produk yang Tepat

Menurut Yanty, ide produk yang hebat dari UMKM harus disesuaikan juga dengan kapabilitas usaha. “Di sini, saya mau sadarkan teman-teman soal kapabilitas usaha. Hati-hati ketika bicara inovasi produk, tapi tidak sesuai dengan kenyataan di internal perusahaan.” Yanty juga memberikan contoh perbandingan antara kopi bubuk dan kopi cair. Tentunya, produk kopi bubuk lebih mudah dipasarkan bagi pelaku UMK karena bisa mendapat izin SPP-IRT, dan tidak memerlukan izin edar dari BPOM. Kopi bubuk juga lebih mudah ditangani dan didistribusikan karena bisa awet di suhu ruang tanpa tambahan pengawet. Sehingga, kemungkinan UMK untuk memasarkan kopi bubuk ke luar kota juga lebih besar.

4. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran mencakup perencanaan dan pelaksanaan strategi pasar yang efektif. Salah satu strategi pemasaran yang umum digunakan adalah 4P (Product, Price, Positioning, Promotion).

5. Cara Produksi

Lakukan riset berkelanjutan untuk membuat alur proses produksi yang efisien dan berkualitas. Proses produksi melibatkan pemilihan bahan baku, manajemen rantai pasokan, dan kontrol kualitas untuk memastikan konsistensi produk.

6. Perhitungan Biaya

Analisis biaya produksi dan penentuan harga jual yang memadai akan menuntun Anda untuk mencapai laba yang diharapkan.

7. Legalitas

Menangani aspek hukum dan regulasi terkait bisnis makanan adalah hal yang krusial. Internet mempermudah Anda untuk mencari pengetahuan mengenai izin edar, label produk, dan kepatuhan terhadap standar keamanan pangan dan regulasi industri lainnya. Meski bertahap, jangan lupa untuk memprioritaskan aspek legalitas usaha. “Tidak perlu membuat CV atau PT di awal usaha, tapi pastikan Anda memiliki NIB, dan mengurus izin edar serta sertifikasi Halal produk,” tutur Yanty.

8. Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)

Manajemen SDM mencakup rekrutmen, pelatihan, dan manajemen karyawan. Fokusnya adalah memastikan bahwa organisasi memiliki tim yang terampil, berkomitmen, dan berkontribusi secara positif pada produktivitas perusahaan.

9. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan bisnis mencakup perencanaan anggaran, pemantauan pengeluaran, manajemen kas, dan investasi untuk memastikan kestabilan keuangan dan pertumbuhan jangka panjang. Jika baru memulai, pastikan seluruh pemasukan dan pengeluaran tercatat dengan teliti.

10. Teknologi

Selalu pelajari teknologi mutakhir untuk operasional bisnis makanan. Jika dipelajari, teknologi yang terasa sulit akan mempermudah kelangsungan usaha. Teknologi yang dimaksud juga termasuk teknologi digital seperti media sosial dan online store.

Jenis Usaha Pangan Olahan UMKM

Food Service

Food Service merupakan usaha makanan siap saji seperti restoran, hotel, catering, booth, atau food court. Food service juga mencakup kitchen central, yaitu produksi bahan setengah jadi untuk dimasak di jaringan outlet secara B2B (Business to Business) seperti Catering, restoran/café, dan lain-lain.

Industri Kecil dan Menengah

IKM Makanan merupakan produksi makanan dalam kemasan untuk dijual ke konsumen langsung dengan umur simpan lebih dari 7 hari. Produk ini termasuk makanan kering, minuman, makanan beku, dan lain-lain.

4 Pertanyaa Pokok Riset Pemasaran

Ada langkah mudah untuk melakukan riset pemasaran yaitu dengan menjawab 4 pertanyaan ini.

  1. Apakah produk yang ditawarkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen?
  2. Apakah biaya produksi dari produk tersebut sesuai dan harga jualnya dapat diterima konsumen?
  3. Bentuk promosi seperti apa yang efektif untuk menarik konsumen?
  4. Apakah produk tersebut sesuai dengan kondisi konsumen?

Kisah Tersedih Founder Amazy Selama Menjalankan Usaha Makanan

Yanty bercerita mengenai insiden fraud yang terbongkar pada 2018. “Pengalaman itu menjadi sedih karena dilakukan oleh orang di top management yang sudah bekerja bersama saya selama 15 tahun. Ketika saya sibuk di luar membangun jaringan, ternyata ada oknum yang membangun kerajaan sendiri di perusahaan saya, timbul office politic yang berkedok agama. Adanya manipulasi, fitnah, hoax, dan hasutan, membuat beberapa hal aneh mulai terjadi dan saya merasakannya. Yang membuatnya semakin menyedihkan adalah terlibatnya 21 dari 30 orang. Karena itulah penting bagi pengusaha untuk mempelajari manajemen risiko dan pentingnya audit berkala.”

Seorang peserta yang bernama Mohamad Syahid Basarudin, melontarkan pertanyaan unik pada webinar UMKM Cuan. Syahid bertanya mengenai kisah paling sedih yang dialami Yanty selama membangun bisnis dari nol.

Itulah sepenggal kisah jatuh bangun yang dibagikan Founder Amazy. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk para pelaku UMKM yang merupakan roda penggerak perekonomian di Indonesia. Selamat berproses!

Frozen Food: Usaha Anti Musiman

Bersama Amazy, pengusaha frozen food pemula maupun yang sudah memiliki jaringan distribusi bisa tumbuh bersama. Bagi pemula, menjadi reseller atau dropshipper frozen food adalah pilihan yang tepat karena tidak membutuhkan banyak modal, risiko lebih rendah, dan lebih mudah. Amazy Frozen Food membuka peluang reseller dengan modal minim yaitu dimulai dari Rp500.000,- saja. Amazy juga menyediakan paket agen yang lengkap dengan 1 unit freezer untuk mitra yang siap dengan skala usaha yang lebih tinggi.

Berbagai produk Amazy Frozen Food seperti Chicken Nugget, Fried Chicken, Chicken Katsu, Shabu-shabu, Ekkado, Fishroll, Beef Patty, Chicken Patty, Topokki, Corndoc, dan masih banyak lagi bisa Anda lihat di https://amazy.co.id/produk/

Cara jadi Reseller Amazy Frozen Food

Untuk menjadi reseller Amazy Frozen Food, cukup melakukan pembelian minimal sebanyak Rp 500.000,-. Amazy sudah menyiapkan skema harga produk untuk reseller, agen, dan dropshipper agar persaingan sehat. Namun bagi reseller yang menjual produk ke komunitas yang dimilikinya, tidak menutup kemungkinan juga jika ingin menaikkan harga dan tetap mendapat konsumen yang membeli produk Amazy melalui reseller tersebut.

Keuntungan menjadi reseller Amazy Frozen Food adalah modal yang terjangkau, konsep produk dan konten sudah disusun dengan baik sehingga Anda bisa fokus memasarkan produk di sosial media, dan jika anda masih awam di dunia bisnis online menggunakan social media dan marketplace, anda tidak perlu khawatir karena tim Amazy juga akan membimbing Anda.

Paket Reseller Amazy Frozen Food

1. Paket Silver (Rp500.000,-)

Paket ini cocok untuk reseller pemula yang masih melakukan test pasar dengan fasilitas yang ditawarkan yaitu spanduk ukuran 2×2 m, brosur 50 pcs, dan aneka produk Amazy Frozen Food.

2. Paket Gold (Rp1.000.000,-)

Paket selanjutnya yang bisa Anda pilih yaitu paket gold dengan fasilitas spanduk 2×2 m dan brosur 50 pcs berikut aneka produk Amazy Frozen Food yang lebih lengkap dan lebih banyak dibanding paket silver.

3. Paket Platinum (Rp4.500.000,-)

Dengan paket platinum, Anda tidak perlu repot mencari freezer karena paket ini sudah termasuk freezer 200 liter ditambah sticker branding 1 unit, spanduk 2×2 m, brosur 50 pcs, dan aneka produk Amazy Frozen Food lengkap.

PT Magfood Amazy Internasional

Jalan Duren Tiga Raya No. 46 Pancoran, Jakarta Selatan, Indonesia 12760

Phone: +6221 7919 3162 / 79195134

Fax: +6221 7919 5364

Hotline: +62816866251 / +628111347161

Email: magfood@cbn.net.id

https://amazy.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pilih salah satu voucher