Menu Tutup

Peluang Usaha Online Frozen Food dengan Modal Kecil Untuk Pemula

Bagi anda yang ingin mencicipi dunia bisnis kuliner, usaha frozen food merupakan salah satu pilihan yang tepat. Di tengah kehidupan masyarakat yang serba cepat, makanan olahan yang praktis namun tetap berkualitas memang sangat dibutuhkan. Menurut Founder dan CEO PT. Magfood Inovasi Pangan dan PT. Magfood Amazy Internasional, Yanty Melianty, era Revolusi Industri 4.0 yang sudah berlangsung bahkan sejak 2012 dan kini era Society 5.0 menyebabkan perubahan drastis pada gaya hidup konsumen termasuk dalam berbelanja. Hal ini membuat pengusaha harus adaptif dan memiliki mindset baru yang siap untuk bertransformasi ke era digital. Terutama sejak munculnya pandemic Covid-19 hingga saat ini.

Masyarakat yang telah tersentuh digitalisasi menginginkan kemudahan dalam memperoleh suatu produk. Bahkan, mereka tidak mau repot keluar rumah untuk memperoleh produk yang berkualitas. Hanya dengan bantuan gadget dan kemudahan delivery, produk bisa diantar sampai rumah.

Oleh karena itu, di tengah gempuran digitalisasi ini, Amazy Frozen Food memanfaatkan kekuatan sosial media, marketplace, dan berbagai aplikasi juga platform penjualan online. Selain berjualan, media social juga dapat dimanfaatkan untuk membuat event dan promosi secara online untuk memproleh customer. Meskipun kebutuhan offline tetap ada dalam bisnis makanan, tak dapat dipungkiri bahwa semakin lama banyak jenis bisnis offline yang berguguran.

Yanty Melianty juga menyebutkan bahwa bisnis harus selalu siap untuk bertransformasi. Sebagai contoh, bisnis Amazy yang pada tahun 2003 masih berbentuk franchise gerobak akhirnya naik level di tahun 2007 menjadi Amazy restoran fastfood yang diantisipasi sebelum terjadi perubahan pasar agar tidak terlibat perang harga. Kemudian Amazy menjadi semiresto di tahun 2012 hingga sekarang menjadi Amazy Family Resto. Perubahan memang tidak mudah, karena pelaku usaha harus berjuang cukup keras dalam adaptasi ke era digital dan gaya hidup konsumen, salah satunya dengan merambah bisnis frozen food.

Sebelum memulai usaha online, beberapa hal yang harus anda perhatikan adalah:

 

Target market

Anda tidak bisa menyebutkan bahwa target market dari produk anda adalah semua orang. Itu akan menyebabkan promosi yang anda lakukan tidak focus karena tidak tepat sasaran. Sebagai contoh, anda bisa menetapkan target market berdasar usia. Misal anda menjual produk donat dengan target market anak-anak, artinya anda harus menjadikan orang tua terutama ibu dari anak-anak tersebut sebagai sasaran market anda. Karena biasanya, anak-anak tidak langsung mengambil keputusan pembelian melainkan melalui orang tuanya. Di sini lah tugas anda, untuk menemukan di mana target market anda berkumpul.

Target market harus dibuat sespesifik mungkin seperti usia, kondisi ekonomi, minat, ketertarikan, dan karakter konsumen.

Konsep Brand

Pebisnis yang baik tidak hanya menjual produk tapi bisa menciptakan konsep brand yang melekat di ingatan konsumen. Konsep brand yang dibuat tentunya harus sesuai dengan target market yang dituju agar tarket market merasakan keterikatan dengan brand kita. Sebagai contoh jika brand frozen food anda lekat dengan keluarga, anda harus menawarkan berbagai varian produk yang bisa diterima oleh semua anggota keluarga konsumen baik itu anak-anak, dewasa, hingga lansia.

Mengenal Media Sosial sebagai Sarana Berjualan

Media sosial sangat luas dan beragam. Jika sumber daya research terbatas, anda bisa memilih media social yang dikuasai dan potensial untuk menemukan target market anda. Masyarakat Indonesia merupakan pengguna media sosial dalam jumlah yang sangat besar dilihat dari data statistik. Ada lebih dari 345.3 juta mobile connections di Indonesia, jumlah ini bahkan melebihi jumlah penduduk Indonesia, yang artinya satu orang bisa memegang lebih dari satu gadget. Sedangkan pengguna internet di Indonesia tercatat lebih dari 202 juta dengan 170 juta yang aktif di media sosial. Ini merupakan potensi luar biasa yang harus dimanfaatkan dalam berbisnis online frozen food.

Youtube, Whatsapp, Instagram, dan Facebook merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia berdasarkan data 2021. Anda dapat memilih media sosial yang tepat untuk sarana berjualan frozen food.

           

Peluang Usaha Frozen Food Modal Kecil

Bagi anda yang baru merambah ke dunia usaha dengan modal minim, sangat tidak disarankan untuk langsung terjun sebagai produsen produk. Anda dapat mengasah skill berbisnis dengan memasarkan produk seperti menjadi reseller atau dropshiper Amazy frozen food. Hal ini akan membuat anda focus untuk berjualan saja, tanpa perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk mengurus proses produksi yang berat dan membutuhkan banyak sumber daya. Salah satu peluang usaha frozen food yang dapat dipilih yaitu bergabung dengan Amazy Frozen Food dengan berbagai keunggulan sebagai berikut

  1. Modal Kecil

            Usaha Amazy Frozen Food sangat cocok untuk anda pelaku usaha dengan modal yang masih kecil dan menginginkan usaha minim risiko karena produk Amazy sudah mendapat izin edar. Konsep produk juga sudah disusun dengan baik sehingga anda bisa fokus memasarkan produk di sosial media.

  1. Produk Berkualitas

Produk Amazy Frozen Food memiliki kualitas tinggi dan cocok untuk menjadi pilihan keluarga karena menggunakan ayam minim lemak, rempah alami, tanpa pengawet, dan menggunakan daging sapi pilihan sehingga diminati masyarakat.

  1. Bisa Dropshiper dan Reseller

            Anda tidak perlu melakukan stok barang karena tersedia system dropshipper, di mana pesanan langsung diproses oleh Amazy dan dikirim ke customer anda.  Pakat reseller yang ada juga sangat terjangkau mulai dari 1 juta rupiah.

 

  1. Materi Promo dan Toko Online Disediakan

            Jika anda masih awam di dunia bisnis online menggunakan social media dan marketplace, anda tidak perlu khawatir karena materi promo disediakan, sehingga anda hanya perlu konsisten posting. Anda juga akan mendapat training social media gratis.

                Amazy Frozen Food adalah rangkaian produk dari AMAZY FAMILY RESTO, dengan berbagai macam produk olahan makanan beku yang terbuat dari daging ayam pilihan dan minim lemak serta diolah dari bumbu rempah alami tanpa bahan pengawet. Produk berbasis ayam ini menggunakan ayam segar dengan usia sembelih yang sesuai yaitu 8 – 9 minggu, dan tentunya menggunakan bahan baku bersertifikasi halal. Selain itu, ayam melalui proses pembersihan dan pembuangan lemak sebelum diolah dan untuk produk chicken nugget, chicken patty dan sate geprek menggunakan dada ayam tanpa lemak, sehingga tidak perlu khawatir dengan lemak yang berlebih.

Tidak hanya olahan ayam, Amazy Frozen Food juga menyediakan pilihan produk lainnya seperti Beef patty, Roti Burger, Sosis Bratwurst, Rolade sapi, Shabu – shabu, Fish roll, Ekado, Donat Mini, Kentang beku, mozzarella stick dll.  Bagi konsumen yang menjalani diet gluten free, produk Beef Patty Amazy dan Sate Geprek merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Selain itu, tidak hanya digoreng, produk Amazy Frozen food juga dapat diolah dengan cara direbus seperti (Shabu – shabu, sosis, ekado, fishroll), dikukus (sosis, ekado, fishroll) maupun dipanggang (sosis, Beef Patty, Rolade sapi).  Resep dan ide mengolah produk Amazy frozen food dapat diakses di website www.magfood-amazy.com

Info pemesanan dan join reseller dapat menghubungi:
Jl. Duren Tiga Raya no. 46 Jakarta Selatan
Telp. 021-79193162 / 79195134
WA : 0811-1347-161

GoFood / Grab Food / Kulina : Amazy Frozen food
Tokopedia : amazy-frozen
Shopee : AmazyFrozenFood
Website : www.magfood-amazy.com

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pilih salah satu voucher